Klasifikasi Kemasan Produk

Pada artikel Fungsi dan Pentingnya Kemasan Produk, kami telah menginformasikan bahwa Kemasan Produk memiliki fungsi yang penting, baik sebagai identitas, media informasi, promosi maupun wadah pelindung produk di dalamnya serta untuk memudahkannya dalam penyimpanan, pengangkutan dan pengiriman hingga diterima oleh konsumen.

Kemasan Produk dibagi menjadi beberapa kategori atau klasifikasi. Untuk Klasifikasi Kemasan Produk berdasarkan sistem kemas dan kontak produk dengan kemasan terbagi menjadi:

KEMASAN PRIMER. Kemasan Primer merupakan kemasan yang langsung mewadahi atau membungkus sebuah produk. Jadi, Kemasan Primer ini kontak langsung dengan pangan. Termasuk Kemasan Primer adalah aluminum foil, bisa dalam bentuk Sachet, Stand Up Pouch, Gusset ataupun Flat Bottom Pouch sebagai kemasan utama produk Kopi Luwak.

KEMASAN SEKUNDER. Kemasan Sekunder adalah kemasan yang berfungsi untuk melindungi kelompok kemasan lain. Contoh Paper Box untuk wadah luar Kopi Luwak kemasan sachet.

KEMASAN TERSIER. Kemasan Tersier ialah kemasan yang masih dibutuhkan untuk pengemasan primer dan sekunder. Pada umumnya, Kemasan Tersier dipakai sebagai pelindung selama pengangkutan dan distribusi. Misalnya Kopi Luwak kemasan sachet di dalam paper box masih dimasukkan ke dalam kardus. Fungsi kardus dalam contoh ini sebagai Kemasan Tersier.

Demikian Klasifikasi Kemasan Produk ini disampaikan. Semoga bermanfaat.

Informasi Kemasan Makanan:

  • Fungsi dan Pentingnya Kemasan Produk Kemasan Produk, oleh sebagian pebisnis, dinilai dan diposisikan sebagai hal kecil yang kadang luput dari perhatian. Padahal, […]
  • Kemasan Kopi Luwak Kemasan Kopi, termasuk Kopi Luwak, harus mampu mewadahi, membungkus, melindungi dan mempromosikan produk yang terkandung di […]
  • Jual Kemasan Kopi JUAL KEMASAN KOPI kualitas import dengan harga yang reasonable. Kemasan Kopi yang kami jual tersedia dalam berbagai kategori: […]